tenaga listrik di indonesia

Macam-Macam Pembangkit Listrik di Indonesia

Di Indonesia terdapat macam-macam pembangkit listrik yang dapat kita temui di daerah-daerah tertentu.

Listrik sendiri memiliki manfaat bagi kehidupan manusia seperti untuk; sumber penerangan, sumber energi, penghasil gerak, penghasil panas, sarana hiburan dan lain seb

Mengenal Macam-macam Pembangkit Listrik di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya energi yang berlimpah. Karenanya jenis-jenis pembangkit listrik yang ada di Indonesia terbilang variatif.

Misalnya pembangkit listrik dari energi terbarukan seperti panas bumi, energi surya, hingga biomassa.

Sebagian besar sumber daya energi tersebut masih terbilang baru dalam bidang pembangkitan tenaga listrik.

Selain itu pembangkit listrik energi terbaru ini dinilai bersahabat terhadap lingkungan dan mampu mengurangi pemasukan jenis bahan bakar lain.

Akan tetapi ruang lingkup pembangkitan tenaga listrik terbarukan ini masih tergolong kecil.

Padahal sumber energi terbarukan seperti halnya biomassa dan sel surya, memiliki peranan yang cukup penting serta ramah lingkungan.

Simak beberapa jenis pembangkit listrik yang ada di Indonesia berikut ini:

1. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Macam-Macam Pembangkit Listrik

PLTS dapat menyimpan energi panas dari matahari, yang disalurkan ke dalam baterai atau aki yang mana dapat digunakan sehari-hari karena memanfaatkan panel surya. PLTS pada umumnya dapat ditemukan di satu unit rumah atau juga bangunan.

Di nilai sangat ramah lingkungan, PLTS nyatanya menggunakan sumber energi murni yang alami sehingga dapat lebih hemat dan juga efektif.

Di samping itu, alat pembangkit listrik jenis ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan di rumah.

Sebab Indonesia memiliki iklim tropis, membuatnya mampu mendapatkan sinar matahari yang cukup banyak.

Selain itu sel surya atau juga sel fotovoltaik, memiliki kontribusi yang cukup besar. Misalnya teknologi sel surya ini banyak digunakan untuk listrik yang ada di pedesaan.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Pembangkit Listrik tenaga bumi

Untuk pembangkit listrik yang satu ini, dalam prosesnya menggunakan panas uap bumi. Nah, uap bumi tersebut berasal dari perut bumi yang dapat menggerakkan turbin.

Sehingga PLTP umumnya dibangun di daerah pegunungan atau dekat dengan gunung berapi.

Sehingga uap panas dari titik bumi tersebut akan digunakan sebagai sumber penggerak turbin generator pada mesin.

PLTP disebut-sebut hampir mirip dengan PLTU, hanya saja PLTU memiliki biaya operasional yang murah karena tidak memerlukan membeli bahan bakar.

Lokasi PLTP yang berada di wilayah pegunungan ini, memiliki tujuan untuk mendapatkan energi alam yang lebih berkualitas tinggi. Sedangkan di Indonesia sendiri, PLTP efisiensinya hanya sebesar 80 persen saja.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM)

PLTBM dapat menghasilkan energi listrik karena memanfaatkan bahan-bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik.

Bahan-bahan tersebut dapat berupa suatu produk ataupun buangan. Biomassa memiliki contoh seperti tanaman, pepohonan, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan juga kotoran ternak.

Pembangkit listrik yang satu ini memiliki proses pembakaran yang akan menghasilkan uap. Sehingga dapat menghasilkan energi listrik yang cukup banyak.

Sumber energi biomassa ini termasuk yang dapat diperbaharui, sehingga energinya dapat tersedia secara berkelanjutan.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

Pembangkit Listrik tenaga gas

Pembangkit listrik tenaga gas ini, memanfaatkan tenaga gas sebagai penggerak turbin utama pada generatornya.

Sehingga proses tersebut dapat mengubahnya menjadi energi listrik. Dalam PLTG, bahan bakar yang digunakan nantinya akan terbakar bersamaan dengan gas.

Dan nantinya akan tersaring melewati filter udara untuk dapat menggerakkan turbin generator tadi.

Sehingga sumber energinya memiliki tekanan yang cukup kuat dan dapat menghasilkan energi listrik dengan skala besar.

Baca Juga: REKOMENDASI ALAT PENGHEMAT LISTRIK

5. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Pembangkit Listrik tenaga uap

Secara umum PLTU menggunakan energi uap dari kapasitas pompa air yang bercampur dengan batu bara dan juga minyak. Sehingga proses pemanasan yang dihasilkan kemudian disemprotkan menjadi sebuah energi uap.

Kemudian energi tersebut akan menggerakkan turbin yang terdapat pada generator mesin. Sehingga nantinya dapat menghasilkan energi listrik yang ditempatkan pada generator.

Namun, PLTU disebut-sebut sebagai salah satu pembangkit listrik yang kurang ramah lingkungan. Sebab energi uap yang dihasilkannya cukup berbahaya jika terhirup oleh makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

6. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

PLTA menggunakan air untuk dapat memutarkan turbin air dan menggerakkan generator. Prosesnya dengan cara memanfaatkan arus atau aliran deras air pada bendungan. PLTA dinilai sangat hemat dan ramah lingkungan karena menggunakan energi murni.

Selain itu, PLTA memiliki sifat yang membuatnya dapat memperbarui atau renewable energy. Jenis pembangkit listrik yang satu ini, umumnya dipasang tepat di sebelah sumber air yang cukup besar seperti halnya bendungan, waduk, ataupun sungai.

7. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Pembangkit listrik yang satu ini, memanfaatkan suatu proses pembelahan inti uranium yang terdapat dalam reaktor nuklir guna menghasilkan sebuah daya listrik. PLTN dapat mengubah energi panas menjadi energi mekanik.

Energi yang dihasilkannya ini dapat berasal dari satu reaktor nuklir atau lebih. Nah, PLTN disinyalir lebih ramah lingkungan apabila dibandingkan dengan pembangkit listrik lain yang menggunakan batu bara, minyak, hingga gas sebagai bahan bakarnya.

Karena pembangkit listrik lain jika di emisikan ke udara, dapat berpotensi mencemari lingkungan hidup. Sebab nantinya akan menimbulkan hujan asam hingga meningkatkan suhu global.
Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Itulah tadi macam-macam pembangkit listrik yang ada di Indonesia. Dari keseluruhan pembangkit listrik tersebut, tentu di masa depan nanti sangat diharapkan untuk lebih mengedepankan pembangkit listrik terbarukan. Salah satu kelebihannya yang ramah lingkungan, memiliki pengaruh positif terhadap kehidupan di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *